Wisata Kota Berlin dan sekitarnya

1. Brandenberg Gate ( Tor )

Gerbang Brandenburg lokasinya terletak di Kota Berlin, Jerman antara Pariser Platz dan Platz des 18. März, tepatnya di jalan Erbert di bagian barat pusat kota, di sebelah barat Pariser Platz. Gerbang Brandenburg yang dalam bahasa Jerman disebut Brandenburger Tor dibangun antara tahun 1788 hingga 1791 pada masa pemerintahan Friedrich Wilhelm II kerajaan Prusia, yang dirancang dan dibangun oleh Carl Gotthard Langhans sebagai simbol perdamaian.

Bangunan ini terdiri dari dua belas kolom Doric, enam di setiap sisi, membentuk lima pintu masuk menuju jalan raya. . Di atas gerbang adalah Quadriga, dengan Viktoria, dewi kemenangan Romawi mengendarai Quadriga. Adapun Quadriga ini menghadap ke sisi Timur.

Untuk menuju ke tempat ini, kita bisa menggunakan Straβen Bahn nomor 1 dan 2 juga U-Bahn nomor 55 dari Hauptbahnhof turun di stasiun Brandenburger Tor. Disamping kiri lokasi Gerbang Brandenburg terdapat kedutaan besar negara Prancis dan di sisi kanan adalah kedutaan besar Amerika Serikat untuk Jerman

2. Checkpoint Charlie.

chectpoint charlie 19

Checkpoint Charlie didirikan polisi militer Amerika Serikat untuk merespons atas sikap tentara Uni Soviet yang telah mendirikan Tembok Berlin pada 13 Agustus 1961. Checkpoint Charlie ini didirikan sepuluh hari setelah Tembok Berlin berdiri.

Tujuan pendirian Checkpoint Charlie digunakan polisi militer Amerika Serikat untuk memeriksa dan mendaftarkan tentara Barat yang keluar masuk dari Berlin Barat ke Berlin Timur. Berdasarkan keputusan, otoritas Jerman hanya membolehkan kepada angkatan tentara sekutu untuk tidak diperiksa. Kepada turis asing yang datang ke Berlin, hanya diwajibkan memberitahukan tanpa harus diperiksa di Barat.

Bentuk Checkpoint Charlie ini berupa gardu atau pos jaga berukuran 4 x 2,5 meter dengan tinggi bangunan 2,5 meter beratapkan seng. Satu meter di depan gardu ditempatkan karung-karung pasir sebanyak dua lapis sebagai penghalang jika terjadi serangan tiba-tiba terhadap tentara Amerika. Jarak Checkpoint Charlie ke perbatasan Berlin Barat dan Berlin Timur hanya sekitar 20 meter.

Penyebutan Checkpoint Charlie diambil bukanlah nama dari tentara Amerika atau lainnya. Penyebutan itu diambil dari kata alfabet fonetik “C” yang berarti “Charlie”, sekadar untuk memudahkan penyebutan.

Sebab, tempat pemeriksaan di Berlin ada tiga tempat. Selain Checkpoint Charlie, ada dua tempat pemeriksaan lagi, yaitu Checkpoint Alpha yang terletak di Helmstedt dan Checkpoint Bravo di Dreilinden yang didirikan di tengah jalan bebas hambatan

 

3. Gereja Buntung

4. Postdamer platz

5. Tembok Berlin ( Berliner Mauer )

tembok berlin

51 tahun lalu, pasukan Jerman Timur memasang pagar berduri dan batu bata untuk memisahkan kota Berlin menjadi dua. Berlin, mulai 13 Agustus 1961, dipisahkan untuk membedakan antara Jerman yang dikontrol Uni Soviet dan Jerman di bawah kendali negara-negara Barat.

Tembok yang akhirnya dinamai “Tembok Berlin” ini berakar dari tercabiknya wilayah Jerman pasca Perang Dunia II. Jerman dibagi menjadi wilayah okupasi Soviet, Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis.

Kota Berlin secara teknis masuk zona okupasi Soviet, namun tetap dibagi dua. Soviet mengambil alih wilayah Berlin Timur, sedangkan negara-negara Barat di bagian Berlin Barat.

Setelah usaha gagal Soviet memblokade Berlin di tahun 1948, negara yang lekat dengan Tentara Merah-nya itu mulai mengencangkan pengawasan pada Berlin Timur. Hingga tahun 1960, Soviet memaksa warga Jerman Timur terpisah dengan bagian barat dan menjadikannya bagian dari negara satelit.

Pengekangan ini berbuah perpindahan warga secara besar-besaran. Dalam kurun 12 tahun, sekitar tiga juta warga Jerman Timur pindah ke Jerman Barat untuk meraih penghidupan lebih baik. Masuk tahun 1961, setiap harinya terjadi perpindahan 1.000 warga Jerman Timur ke Barat. Mereka yang berpindah termasuk sumber daya manusia unggul seperti buruh terlatih, kaum intelek, dan para profesional di bidangnya.

Untuk mencegah hal ini, pemimpin komunis Jerman Timur Walter Ulbricht mendapat izin dari Pemimpin Uni Soviet Nikita Khrushchev untuk menutup segala akses penghubung antara Timur dan Barat Berlin.

Pemisahan dua Jerman dimulai pada malam 12-13 Agustus 1961. Tentara Jerman Timur merentangkan lebih dari 160 kilometer kawat berduri. Tak berapa lama, kawat ini diganti tembok beton setinggi 1,8 meter dan membentang sepanjang 154 kilometer.

Kesan “penjara” dari tembok ini terlihat dari adanya menara penjaga, senjata mesin, dan lampu besar dengan fungsi pencari manusia yang mencoba lolos. Setiap harinya, polisi Jerman Timur yang dikenal dengan Volkspolizei berpatroli siang dan malam.

Bangun pagi di 13 Agustus 1961, warga Berlin tersentak ketika sadar terpisah dengan sanak keluarga dan handai taulan. Dipimpin Wali Kota Berlin Barat Willi Brandt, warga memprotes keberadaan tembok tersebut. Brandt dengan berani mengkritik negara-negara Barat, terutama AS, sebagai pengokupasi yang tak berdaya melawan pembangunan Tembok Berlin.

Presiden AS saat itu, John F Kennedy, sebelumnya menyatakan hanya bisa menolong warga Berlin dan Jerman Barat. Aksi apa pun atas nama Jerman Timur hanya akan berakhir kegagalan.

Sisa-sisa dari Tembok Berlin sengaja dibiarkan sebagai bukti sejarah terpisahnya kedua Jerman di masa Perang Dingin. (thinkstockphoto).

Tinggi tembok ini ditambah tiga meter lagi di tahun 1970. Itu merupakan bentuk usaha pencegahan karena masih banyak saja warga Berlin Timur yang melarikan diri ke Barat. Dari tahun 1961 hingga 1989, ada 5.000 warga Jerman Timur yang berhasil kabur.

Tembok ini baru runtuh di tahun 1989. Menyusul jatuhnya keperkasaan Soviet sebagai negara adi kuasa. Tepat pada 9 November 1989, massa dari Jerman Barat dan Timur memanjat dan meruntuhkan tembok pemisah tersebut. Kedua Jerman akhirnya resmi menyatu sebagai satu negara lagi dalam pakta unifikasi di 3 Oktober 1990.

6. Postdam

7. Tiergarden

Berlin merupakan salah satu green city dengan banyak area hijau di berbagai kawasan ibu kota. Di pusat kota juga terbentang taman yang cukup luas, disebut Tiergarten. Saking luasnya, paru-paru kota ini kerap digunakan sebagaivenue pesta fans sepak bola, Fanmile. Rimbunan pohon, sungai, bangku-bangku cantik, serta jalan setapaknya mengundang siapapun yang ada di Berlin untuk menikmati teduh dan damainya alam Tiergarten.

Tiergarten adalah taman urban tertua dan juga terbesar di Berlin dengan luas area 517 hektar (5,17 km2). Luas tersebut bahkan melebihi Hyde Park di London, Inggris. Tierpark sendiri secara harfiah berarti kebun binatang, karena dulunya tempat tersebut merupakan arena berburu para electors atau pangeran Jerman yang berhak mengambil bagian dalam pemilihan Kaisar Romawi Suci. Raja Prussia, Friedrich I lah yang pertama kali membuka area hijau tersebut kepada publik dengam membangun akses jalan. Ketika Friedrich II menduduki tampuk kekuasaan, ia merancang Tiergarten dengan ciri khas arsitektur barok. Tetapi di akhir abad 17, Friedrich III merubah taman barok menjadi taman yang lebih nyaman dan menyenangkan dengan konsep English garden.

Meski sempat rusak parah akibat Perang Dunia II dan perang dingin, pemerintah kota Berlin sukses merenovasinya. Kini Tiergarten menjadi salah satu taman yang populer bagi warga Berlin juga wisatawan. Selain jogging, bersepeda, bermain bola, hingga aktivitas barbeque juga piknik, ruang terbuka hijau di pusat kota Berlin itu dihiasi serangkaian monumen sejarah dan patung-patung cantik. Kita dapat mengunjungi Siegessäule, yaitu tugu kemenangan kerajaan Prussia dalam perang melawan Denmark. Pengunjung dapat menaiki monumen bersejarah tersebut hingga ketinggian 69 meter dan melihat pemandangan kota Berlin. Di

sisi timur, Tiergarten berbatasan dengan gedung parlemen Reichstagdan Brandenburger Tor, kemudian di tenggara berdiri Postdamer Platz serta Holocaust Memorial, dan di timur terdapat Bellevue Palace yang merupakan kediaman Presiden Jerman.

Pengunjung bisa menggunakan fasilitas seperti perahu dayung untuk mengarungi sungai atau ikut tur dalam perahu yang lebih besar. Sebagai lokasi yang selalu ramai dikunjungi saat musim semi dan musim panas, Tiergarten dilengkapi dengan daerah bertanda FKK (Freikörperkultur). FKK merupakan daerah khusus orang-orang yang ingin berjemur tanpa mengenakan pakaian.

Taman tertua di Berlin itu dibuka untuk umum setiap hari sepanjang tahun. Untuk mencapainya dapat menggunakan S-Bahn (S5, S7, S75) atau Bus N9 menuju Tiergarten. Alternatif lain adalah naik subway U9 dan berhenti di Hansaplatz.

Saat berjalan-jalan di Tiergarten, sempatkan untuk mampir ke Zoologischer Garten di sisi barat taman. Kemudian Anda juga bisa mengunjungi Charlottenburg dan mencicipi currywurst, sosis Berlin yang sangat terkenal. Selama di Berlin Anda dapat menginap di Maritim Berlin Hotel, Eurostars Berlin, atau Hotel Pension Arche.

 

 

8. Kurfürstendamm

9. Reichstag

10. Museum Pergamon

 

sumber 1
sumber 2
sumber 3
sumber 4
sumber 5

2 responses to this post.

  1. Keren, Berlin menjadi harga mati untuk dikunjungi ketika teman teman liburan ke Eropa😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

supertimin

hanya sebuah catatan kecil

%d bloggers like this: