Perpanjangan Paspor

pasti udah tau kan yang namanya Paspor, paspor yang dimaksud adalah Paspor yang dikeluarkan oleh Imigrasi Pemerintah Indonesia sebagai dokumen untuk keluar atau masuknya warga negara Indonesia. Paspor ini berguna untuk keperluan apapun, misalnya bekerja diluar negeri, sekolah, bekerja, dan juga pasti liburan.

nah, skip ga akan lebih lanjut cerita soal teori, cuma mau berbagi pengalaman. tahun ini pasporku habis, dan kepengen perpanjang lagi walaupun belum tau mau kemana, dan yang indahnya adalah aku harus buat paspor baru juga buat baby ku, sementara istriku baru habis tahun depan, nah supaya perpanjang selanjutnya tidak sendiri2 makanya aku usaha bikin sekaligus tiga deh. nah, untuk lebih jelasnya silahkan buka situs

nah uniknya  sekarang bisa urus online lho silahkan dibuka alamat ini apply paspor online sementara untuk persaratan bisa dibuka dialamat ini persyaratan. untuk membukanya tinggal buka websitenya imigrasi lalu pada menu layanan publik pilih paspor online. jrenggg silahkan ikuti petunjuk yang ada.

eh tunggu dulu setelah inget2, ada istilah E-paspor yang menawarkan visa gratis ke Jepang jika menggunakan e-paspor. apa sih e-paspor itu? simak aja disini yah tetapi keunggulan utamanya sih katanya lebih secure aman tidak dapat diduplikasi atau dicuri untuk pemalsuan dokumen paspor. uhm menarik kan? mengingat banyak sekali pemalsuan dokumen paspor, bagaimana jika dokumen kita yang dipakai orang, hehehehe.  dan bisa bebas biaya visa lhoooooo hehehehehe

 

sebelumnya untuk mengetahui biaya-biayanya, bisa dilihat disini biaya pembuatan paspor, berhubung saya ga jadi bikin e paspor silahkan bisa dilihat tulisan beberapa yang bisa dipelajari di sini :

cara membuat e-paspor by skyscanner
cara membuat e pasport tanpa ribet by mba winny
cara membuat e paspor ala naked traveller

dan masih banyak lagi, nah mau tau kenapa aku ga jadi, begini ceritanya.

1, sampai saat ini layanan e-pasport tidak bisa dilakukan dengan online, tetapi waktu coba2 daftar online ada sih pilihannya, tapi muncul kata-kata kantor ini blum bisa e pasport online, harus walk in alias datang seperti biasa. ada sih pilihan di jakarta pusat, di kemayoran tapi jauh ah. jadi hari pertama gagal.

2. aku dapat informasi ternyata dibelakang perumahan ku ada kantor imigrasi kelas 1 khusus jakarta selatan wilayah 2, seperti yang di jalan mampang raya. bergegas istriku datang, kesana, jreeeennggg jam 7 pagi sudah habis, ternyata kuotanya cuma 60 untuk satu hari, 30  untuk yang online. nah bayangkan kalau yang datang, keluarganya rata2 5 orang, brarti  cuma 12 yg dapat antrian. akhirnya istriku pulang bawa formulir 3, dengan informasi dari petugas bisa online dan e paspor.

3. hari berikutnya, aku nekat kemigirasi kelas I khusus Jakarta Selatan di Mampang, sekitar jam 10 pagi, jrengggg jelas sudah habis, cuma kuotanya 100 orang. nah silahkan bapak datang lagi besok,jam 5.30 pagi sudah buka untuk ambil tiket,  lalu saya tanya, e paspor gimana? yah sama ambil nomor juga istilahnya walk in. akhirnya pulang lagi bawa dokumen.

4. alhasil akhirnya harus rencana izin satu hari untuk urus yang beginian : balik lagi hari berikutnya, tapi nyoba yang deket rumah yg diruko jalan karang tengah lebak bulus.  abis shubuh ngacir, ke ruko, sudah ada beberapa orang disana, perkiraanku sih aku urutan 4 antrian. nah 3 urutan diatas sepertinya masing-masing terdiri dari 4 orang, sama tiga orang berarti sudah 15 orang, dan benar saja dalam waktu 30 menit, yaitu pukul 6 pagi, antrian sudah ditutup.  Alhamdulillah sudah dapat antrian. ohh iya lupa, disini gak pake nomor, jadi masuk kasih formulir permohonan yang sudah diisi. cuma itu aja, yg lain dipegang dulu. jrenggg pengumuman bahwa akan dipanggil urutan 1 dst mulai pukul 07.30, wah masih jam 6 pagi, jadi pulang dulu mandi dan sarapan. nah lucunya, setelah saya tanya, pak saya mau e-paspor, nah jawaban mencengangkan adalah : ” maaf disini gak bisa e-paspor biar walk in juga ” jrengngggggggggggggggggg kesel juga sih. kalo gitu kan aku daftar online aja, jd gak pake shubuh2 antri di depan pintu. jadinya yang paspor konvensional deh.

5. jam 7.30 dateng, dan sesuai perhitungan, saya no 4 masuk. ini hal yang sulit, pada proses loket, banyak orang bolak balik karena dokumen kurang lengkap atau ukuran fotokopi tidak sesuai dengan yang diminta. setelah itu lancar semua sampai dengan foto pada hari itu juga. nah setelah foto kita akan dikasih slip bayar, dan setelah bayar paspor dapat diambil 3 hari kerja setelah pembayaran, bayarnya di teller bank yang kerjasama, waktu itu saya di bank BNI.

kesimpulannya :

1. rajin-rajin nanya : karena ga semua bisa e paspor, dan ga semua bisa walk in untuk e paspor

2.disarankan pakai online aja, jadi ga usah antri

3. baca peraturan dan ukuran2 dokumen yang diminta, hal ini bisa bikin kita bolak balik kaya ingus.

4. biasa per paspor 48 hal total 360.000

5. total jam yang digunakan termasuk antri nomor : 05.00 – 06.00 ( 1 jam untuk ambil nomor antrian )
06.00 – 07.30 ( 1,5 jam untuk nunggu kantor buka )
07.30 – 09.30 ( 2 jam proses loket, foto dan bayar BNI )

total : 4,5 jam ditambah 3 hari kerja, jadi totalnya 3 hari + 4,5 jam.

seandainya bisa lebih cepat lagi,…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

supertimin

hanya sebuah catatan kecil

%d bloggers like this: